5 Teknologi Bakal Dipakai di Piala Dunia 2014

5 Teknologi Bakal Dipakai di Piala Dunia 2014
BRASILIA - Pembukaan event sepakbola akbar Piala Dunia bakal digelar pada 13 Juni 2014. Sejumlah teknologi untuk mendukung perhelatan empat tahunan itu bakal digunakan dan dapat dimanfaatkan para penonton (supporter) maupun pemain saat bertanding. 
 
Seperti dikutip Sport.co.uk, Rabu (11/6/2014), terdapat daftar alat-alat atau aplikasi yang dipakai untuk mendukung suksesnya Piala Dunia 2014 di negeri Samba, Brasil itu. 
 
Vanishing Foam
Pada saat tendangan bebas (free kick), wasit akan menggunakan alat Vanishing Foam ini yang disemprotkan pada rumput untuk menandakan titik di mana bola akan ditendang. "Ini merupakan inovasi bagus dan saya akan menggunakannya," ungkap Ben Williams, wasit asal Australia.
 
Twitterwall
German Football Federation (DFB) memasang Twitterwall yang didesain secara khusus. Menggunakan hashtag Twitter #aneurerseite (#onyourside), para supporter bisa mengirimkan pesan gambar untuk mendukung timnya dan ditampilkan pada dinding hotel tempat singgah tim Jerman, dekat Porto Seguro, Brasil.
 
WhatsApp
Layanan pesan yang satu ini populer dan bisa dipakai melalui platform mobile. Pemain sepakbola dari Uruguay menggunakan WhatsApp untuk saling berkomunikasi satu sama lain melalui smartphone mereka. "Grup pesan ini bagus untuk menjaga kita dalam kontak karena kami bermain di seluruh dunia dan kami bisa mendukung satu sama lain," tutur Edinson Cavani, striker asal Uruguay.
 
Televisi Ultra High Definition 
Seiring perkembangan teknologi dari tahun ke tahun, maka ada peningkatan kualitas soal resolusi tampilan layar televisi. Pada Piala Dunia 2014, ini merupakan turnamen sepakbola pertama yang memanfaatkan teknologi Ultra High Definition (UHD). UHD diklaim empat kali lipat lebih baik dibandingkan televisi HD biasa. Teknologi ini membutuhkan jaringan satelit yang bisa menangani 100 megabits data per detik.
 
Apple iPad
Tim keseblasan asal Inggris masing-masing pemainnya menggunakan iPad untuk melihat informasi mengenai lawan tandingnya. Football Association telah mendesain aplikasi khusus yang memungkinkan Wayne Rooney, Steven Gerrard serta rekan timnya untuk mengakses data personal dan video mengenai tim atau pemain lawan yang akan mereka hadapi di Piala Dunia 2014. (ahl)
 
 
Sumber:
http://techno.okezone.com/read/2014/06/11/324/997395/5-teknologi-bakal-dipakai-di-piala-dunia-2014
Jumat, 13 Juni 2014 - 14:59
http://kuliah.unikom.ac.id/berita/view/5-teknologi-bakal-dipakai-di.18.html