Mahasiswa Unikom Juara Satu Lomba Penulisan Artikel Perpajakan

Mahasiswa Unikom Juara Satu Lomba Penulisan Artikel Perpajakan

Tempik sorak menggema di Ball Room hotel Savoy Homan Bidakara, Bandung, ketika pembaca nominasi mengumumkan pemenang masing-masing kategori Lomba Penulisan Karya Jurnalistik tentang Perpajakan Tahun 2014. Ekspresi keceriaan terpancar dari para wajah penulis yang namanya disebut oleh pembaca pemenang tersebut. Lomba yang terbagi dalam tiga kategori ini memang mengundang antusiasme yang baik dari para insan pers, pelajar/mahasiswa dan pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP) di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jawa Barat I.

Tag line lomba “Awarding the Best Inspiring the Rest” seolah ingin menggebrak semangat para peserta lomba bahwa tulisan-tulisan mereka tentang perpajakan mendapat tempat tersendiri di hati pimpinan Kanwil DJP Jawa Barat I. Sampai batas akhir pengiriman karya, 30 April 2014, panitia menerima 73 (tujuh puluh tiga) karya dari tiga kategori tersebut. Dari ke tiga kategori tersebut, peserta terbanyak berasal dari kalangan pelajar/mahasiswa dengan 23 peserta 24 karya, wartawan 18 peserta 41 karya dan pegawai di lingkungan Kanwil DJP Jabar I sebanyak 5 peserta 8 karya.

Proses penjurian lomba dilaksanakan dalam dua tahap. Tim juri terdiri dari 3 (tiga) orang, dengan komposisi 1 (satu) orang dari internal Kanwil DJP Jabar I dan 2 (dua) orang dari kalangan profesional. Tahap pertama menyortir persyaratan formal, sedangkan tahap ke dua adalah penilaian mutu tulisan. Pada tahap pertama sebanyak 7 tulisan kategori wartawan tidak lolos penilaian karena isi berita tidak sesuai dengan tema lomba.

Setelah melalui proses penjurian yang ketat, panitia memutuskan pemenang kategori wartawan adalah Juara 1 Krisdiantoro (Tribun Jabar) dengan judul tulisan “Lega, Lapor SPT Tahunan Hanya 10 menit; Juara 2 Darajat Arianto (Tribun Jabar) dengan judul tulisan “E-filing, sebuah Kemudahan Guna Menjaring Wajib Pajak dan Juara 3 adalah Rani Ummi Fadila (Bisnis Indonesia) dengan judul tulisan “DJP Jabar I Kesulitan Ungkap Kasus Pajak".

Untuk kategori pegawai di lingkungan Kanwil DJP Jawa Barat I Juara 1 diraih oleh Farchan Noor Rachman (KPP Pratama Garut) dengan judul tulisan “Dedikasi”, Juara 2 Andri Prasetya (KPP Pratama Garut) dengan judul tulisan “The Power of Tax Selfie” dan juara 3 diraih oleh Hendrayana Surasantika (KPP Pratama Bandung Karees) dengan judul tulisan “Menggantang Asap Kepatuhan”.

Sedangkan untuk kategori pelajar/mahasiswa Juara 1 diraih oleh Dendi Saiful Bahri (Unikom Bandung) dengan judul tulisan “Mencetak Wajib Pajak yang Berkelanjutan”, Juara 2 diraih oleh Erlan Dausman dan Shena Jurisana Islam (LPKIA Bandung) dengan judul tulisan “Yuk Kita Peduli dan bayar Pajak” serta Juara 3 diraih oleh Nai Haryati (Politeknik Bandung) dengan judul tulisan “Bayar Pajak Membuat Bandung Bermartabat”.

Kepala Kanwil DJP Jawa Barat I, Adjat Djatnika, dalam sambutan pada malam penganugerahan Lomba  Penulisan Karya Jurnalistik tentang Perpajakan Tahun 2014 mengatakan bahwa pihaknya amat menghargai para peserta lomba kali ini. Lomba ini dipandang sebagai sesuatu yang amat strategis dalam rangka membantu meningkatkan sosialisasi perpajakan kepada masyarakat luas. Sosialisasi perpajakan, lanjut Adjat, tidak hanya melalui media konvensional dan dalam format yang umum, namun juga bisa melalui berita yang baik dan berimbang. Dari berita tersebut masyarakat akan mendapat informasi yang benar dan akurat sehingga tidak terjadi persepsi yang salah tentang perpajakan. Adjat juga berharap pada tahun-tahun mendatang partisipasi terhadap lomba semacam ini dapat terus ditingkatkan, utamanya dari kalangan internal pegawai di lingkungan Kanwil DJP Jawa Barat I.

 

Sumber:

http://www.pajak.go.id/content/news/lomba-penulisan-karya-jurnalistik-tentang-perpajakan-2014-karena-setiap-tulisan-akan

 

Rabu, 11 Juni 2014 - 06:45
http://kuliah.unikom.ac.id/berita/view/mahasiswa-unikom-juara-satu.17.html